Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Calon Independen Akan Ramaikan Pilwalkot Bekasi

KOTA BEKASI - Glest Radio .com .- Kandidat independen akan meramaikan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi periode 2013-2018 yang akan dihelat pada 16 Desember 2012. Kandidat tersebut, adalah Shalih Mangara Sitompul dan Anwar Ansori Machdum yang tampil melalui jalur independen.
Pasangan yang berprofesi sebagai pengacara dan ustadz tersebut, Selasa (12/3), mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi untuk mempertanyakan prosedur pendaftaran sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kami sudah mengantongi 75.000 dukungan dari warga Kota Bekasi yang ditunjukkan melalui foto kopi KTP dan pernyataan yang disertai tanda tangan. Supaya tidak salah format penyusunannya, kami tanyakan langsung ke KPU," kata Shalih.

Jumlah dukungan yang telah dikantongi sekarang ini tidak diperoleh dengan mudah. Melainkan dengan perjuangan karena masih banyak masyarakat yang belum mengenal adanya format kepala daerah yang maju tanpa dukungan partai apa pun.

"Makanya banyak dari mereka yang menanyakan, berapa yang akan kami berikan sebagai kompensasi atas pemberian dukungan melalui penyerahan foto kopi KTP dan tanda tangannya. Ini merupakan penyakit masyarakat yang harus diberantas," kata Shalih.

Melalui pendekatan silaturahmi, pemahaman yang diberikan secara perlahan dapat mereka terima. Perjuangan yang telah dilakukan sejak hampir setahun lalu itu pun kini telah membuahkan 75.000 dukungan yang tersebar di hampir 12 kecamatan.

Berbekal dengan dukungan sebanyak itu pun, Shalih meyakini, otomatis 7,8 persen suara pada saat pemilihan sudah dimilikinya. Jumlah suara diyakininya bertambah menjadi setidaknya 32 persen berkat peran aktif para simpul yang terus memperbanyak pendukung.

"Dengan perkiraan potensi golput sebesar empat persen, sebanyak 32 persen suara yang kami kantongi cukup untuk mengantarkan ke posisi wali kota dan wakil wali kota," kata Shalih.

Ketua KPU Kota Bekasi Hendy Irawan menyatakan pihaknya akan memverifikasi warga yang diklaim memberikan dukungannya pada calon independen. Verifikasi administrasi dilakukan satu per satu terhadap data dan foto kopi yang diserahkan. "Khawatirnya ada warga yang memiliki identitas ganda," katanya.

Verfikasi langsung pun akan dilakukan langsung oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) dengan mendatangi rumah warga yang memberikan dukungannya. Pemilihan sampel dilakukan secara acak.

Selain itu, KPU juga bertugas memastikan dukungan dari sedikitnya tiga persen dari jumlah penduduk Kota Bekasi yang saat ini sekitar 2,3-2,5 juta jiwa itu tersebar. Dukungan di sebuah kecamatan maksimal 50 persen, dan sisanya tersebar di sedikitnya enam kecamatan lain di Kota Bekasi. Demikian pula dengan di tingkat kelurahan.

Aturan lain yang menyangkut kehadiran calon independen akan dipelajari lebih lanjut oleh KPU pada wilayah lain yang pernah mengalaminya. "Kota Bekasi baru kali ini diramaikan calon independen. Kami akan pelajari aturan detail di Karawang, Garut, dan Cianjur yang sudah pernah memprosesnya," katanya. 

Sumber : Pikiran Rakyat

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food