Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Kota Bekasi Akan Manfaatkan Program Disdik Jabar

Kota Bekasi - Glest Radio - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi mengimbau seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta, yang membutuhkan tambahan Ruang Kelas Baru (RKB)untuk segera menyusun laporan pengajuannya. Realisasi pengadaan RKB akan memanfaatkan program Disdik Jawa Barat yang akan mendirikan 3.000 ruang kelas baru yang disebar di 26 kabupaten/kota pada tahun 2012.

"Kami belum tahu berapa kuota yang diperoleh Kota Bekasi. Jatah yang didapat pastinya proporsional dengan jumlah siswa yang ada. Apalagi jika menimbang fakta jumlah siswa di Kota Bekasi merupakan yang terbesar ketiga di Jawa Barat setelah Kota Bandung dan Kabupaten Bogor," tutur Kepala Seksi Data dan Perencanaan Program Bidang Bina Program Disdik Kota Bekasi Agus Enap saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/8).
Sekolah yang ingin mengajukan penambahan RKB harus melengkapi sejumlah persyaratan, antara lain ketersediaan lahan atau struktur bangunan yang memadai serta arus murid. Sementara untuk sekolah swasta, persyaratannya ditambah dengan adanya perizinan, akreditasi, dan status tanah tempat bangunan berdiri.
Agus menegaskan, arus murid merupakan prasyarat utama bagi sekolah yang ingin mengajukan penambahan RKB. Sekolah yang arus muridnya rendah tidak akan difasilitasi pengajuannya. "Sebab tujuan dari program ini ialah memaksimalkan penyerapan anak usia sekolah. Dengan dibukanya sejumlah RKB, otomatis siswa yang dapat terserap di sekolah pun bisa semakin bertambah," katanya.
Dampak lanjutan dari peningkatan penyerapan anak usia sekolah ini ialah perbaikan Angka Partisipasi Kasar (APK).
Menurut Agus, tingkat APK di Kota Bekasi sudah cukup baik. Yakni hampir seratus persen untuk tingkat SD, tingkat SMP 89 persen, dan tingkat SMA/SMK 70 persen. "APK SMP dan SMA/SMK yang terus coba ditingkatkan, sehingga penambahan RKB dari program itu nantinya diprioritaskan untuk SMP dan SMA/SMK," katanya lagi.
Sekolah yang berminat diharapkan dapat menyerahkan kelengkapan persyaratannya pada awal September. Kemudian Disdik akan melakukan verifikasi. Hanya sekolah-sekolah yang memenuhi persyaratan yang permohonannya akan diajukan ke Disdik Jabar. (KUR/Pikiranrakyat)

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food