Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Satgas BNK Bekasi Dipangkas 55 Persen

KOTA BEKASI, Glest Radio.com.- Badan Narkotika Kota (BNK) Bekasi memangkas jumlah satuan petugas (satgas) yang bertugas untuk periode 2011-2012 hingga tinggal 45 persen. Satgas yang bertugas hingga Desember 2012 nanti hanya 50 personel, jauh berkurang dari jumlah pada periode sebelumnya sebanyak 115 orang.

Meski terjadi pengurangan yang cukup signifikan, BNK Bekasi menjamin efektivitas kerja tak akan terpengaruh. Target dari sejumlah program kerja pun dijanjikan akan tetap dapat tercapai.
"Itu karena jumlah satgas yang dilantik disesuaikan dengan program kerja yang sudah ditetapkan. Satgas yang fokus pada kegiatan penyuluhan dan penyampaian informasi sepuluh orang. Jumlahnya sama banyak dengan yang bertugas untuk menjangkau pengguna sekaligus memberikan mereka pendampingan. Ada pun yang paling banyak, yakni 30 orang, bertugas di sisi pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika," tutur Kepala Seksi Pemberantasan BNK Bekasi Mimik Suhendri.
Hal itu disampaikannya di sela acara Bimbingan Teknis Tenaga Penyuluh Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada Pelaksana Harian BNK Bekasi di Balai Patriot, Jumat (17/6).
Pengurangan jumlah satgas juga terjadi karena ada penghapusan lima satgas yang sebelumnya beroperasi pada periode sebelumnya. Kelima satgas tersebut ialah yang fokus pada Lembaga Pemasyarakatan, perbatasan, evaluasi program, orang asing, dan juga obat-obatan.
Lebih lanjut dikatakan Mimik, satgas BNK untuk periode kali ini terdiri dari berbagai unsur. Paling banyak berasal dari kepolisian, kejaksaan, kodim, RSUD Kota Bekasi, Lembaga Pemasyarakatan Bulak Kapal, dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah.
Sebagai kepanjangan tangan BNK Bekasi, para satgas tersebut bertugas menjalankan serangkaian kegiatan yang mendukung pencapaian program kerja. Kegiatan yang dilakukan berupa pelaksanaan sosialisasi seputar bahaya narkotika hingga ke pelosok daerah dan juga melalui jalur pendidikan ke sekolah serta perguruan tinggi.
Satgas juga dapat bekerja sama dan berkoordinasi aktif dengan kepolisian seputar penyidikan untuk mengungkap jaringan yang menyalahgunakan narkotika. Lalu yang tak boleh dilupakan ialah memberikan konseling dan dukungan kepada pengguna narkotika dan keluarganya agar mau mengikuti terapi dan rehabilitasi penghilangan kecanduan.
"Kasus narkoba ibarat fenomena gunung es. Yang terlihat di permukaan hanya sedikit, padahal jumlah yang ada sesungguhnya lebih banyak lagi. Di sinilah peran aktif satgas diperlukan," kata Mimik lagi.
Melalui pemberian bimbingan teknis dari petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), diharapkan pemahaman para satgas meningkat. Dengan demikian, arah kerjanya pun lebih terarah. (A-184/das)***

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food