Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Evaluasi UN Disdik Kota Bekasi Akan Menguji Guru Bahasa Indonesia

Glest Radio.com - KOTA BEKASI, .- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi akan menguji guru mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMA/SMK untuk mengetahui kemampuan mereka. Pasalnya, selama ini bahasa Indonesia masih menjadi titik lemah siswa saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN).
Menurut Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Agus Enap, pada tahun ajaran 2009/2010 banyak siswa tak lulus UN karena nilai bahasa Indonesia yang di bawah standar. "Sekarang memang tidak lagi, tapi tetap saja tak ada siswa yang mampu meraih nilai sempurna pada mata pelajaran ini. Padahal pada mata pelajaran lain cukup banyak siswa yang meraih nilai 10," katanya.

Merujuk pada hasil UN SMA jurusan IPA tahun ini, nilai rata-rata bahasa Indonesia yang masuk kategori baik berimbang dengan yang tergolong kelompok cukup. Sebanyak 36 sekolah masuk kategori baik, sedangkan 39 lainnya tergolong cukup.
Kondisi tersebut jauh berbeda dengan jurusan IPS yang cukup timpang perbedaannya. Hanya 16 sekolah saja yang nilai rata-rata UN bahasa Indonesianya tergolong baik, sedangkan 67 lainnya masuk kategori cukup. "Ini yang harus kami bina supaya ketimpangan antara jurusan IPA dan IPS tidak terlalu mencolok. Materi yang diujikan sama, berasal dari sekolah yang sama pula, tapi hasilnya sangat berbeda. Guru mata pelajaran ini harus mampu meningkatkan kompetensinya," kata Enap lagi.
Selain bahasa Indonesia, mata pelajaran lain yang perlu mendapat perhatian lebih ialah matematika. Pada jurusan IPA, nilai rata-ratanya di dua sekolah masih tergolong kurang. Sementara pada jurusan IPS, satu sekolah yang juga masuk kategori kurang nilai rata-ratanya
Disisi lain menurut Kodrato Kadisdik Kota Bekasi yang akan mengakhiri masa jabatannya ini, perhatian Dinas Pendidikan harus dicurahkan lebih besar pada siswa jurusan IPS. Pembenahan lebih dibutuhkan supaya sejumlah mata pelajaran yang selama ini kerap menggagalkan kelulusan siswa bisa diatasi. Selain matematika dan bahasa Indonesia, pelajaran geografi, Sosiologi, dan ekonomi juga kerap menjegal siswa. "Terhadap para gurunya kami dorong untuk meningkatkan kemampuan diri, menambah fasilitas pendidikan, dan memperbanyak latihan ujian pada siswa," katanya.
Dinas Pendidikan akan mendukung upaya tersebut dengan menyusun kisi-kisi UN yang bisa digunakan untuk mendeteksi awal kemampuan anak dan dijadikan patokan pemberian materi untuk siswa. (A-184/A-147)***

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food