Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Aplikasi Telkom : Mayoritas Sekolah di Kota Bekasi belum Siap SIAP Online

Drs.H.Kodrato,MM,MBA
Kadisdik Kota Bekasi
GlestRadio - BEKASI,- Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bekasi Agus Enap mengatakan, mayoritas sekolah di Kota Bekasi belum siap mengimplementasikan program Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Online. Ketidaksiapan itu pula yang kemudian memunculkan keluhan dari sejumlah sekolah terkait iuran bulanan sebesar Rp 400.000 yang ditagihkan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. setiap bulannya.
SIAP Online merupakan sistem aplikasi yang dikembangkan PT Telkom sebagai solusi layanan di bidang pendidikan. Dengan sistem ini, seluruh pengelolaan data kependidikan di sekolah akan bersifat transparan. Sistem ini juga memiliki keunggulan dalam hal data penerimaan siswa baru dan berbagai aplikasi yang dibutuhkan sekolah.

"Selama ini sekolah hanya memanfaatkan SIAP Online saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahunnya. Selebihnya program ini dibiarkan begitu saja, padahal banyak aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan. Kalau saja sekolah siap memaksimalkan program ini, tidak semestinya mereka mengeluh," kata Agus, Kamis (19/5).
Ketidaksiapan itu memunculkan kesangsian Dinas Pendidikan terhadap komitmen sekolah untuk menjadikan teknologi informasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hanya beberapa sekolah saja yang menyadari pentingnya penguasaan teknologi informasi.
"Ini sarana paling tepat untuk menyampaikan informasi selengkap mungkin kepada publik. Seluruh dunia bisa mengaksesnya. Sekolah yang sudah memiliki website bisa mengolaborasikannya dengan SIAP Online ini," kata Agus lagi.
Supaya keluhan seperti ini tak kembali muncul di masa mendatang, Agus akan terus mengarahkan sekolah untuk lebih membuka diri terhadap teknologi informasi dan mulai memanfaatkan program ini lebih maksimal lagi.
Akan tetapi Agus meminta PT Telkom pun terus melakukan pendampingan aktif secara berkala ke sekolah-sekolah untuk memaksimalkan pemanfaatan program tersebut.
Selain itu Kepala Dinas Penidiikan Kota Bekasi, Drs. H. Kodrato Pun menambahkan, "Program ini sudah lama dicanangkan, Beberapa sekolah terutam ayng sudah berstandar internasional sudah melaksankannya, namun kendala SDM, Fasilitas, Jaringan dan server disetiap sekolah selalu saja menjadi hambatan, semoga kedepan maikn bertambah sekolah yang siap On - Line". (A-184/das)***

Sumber : Pikiran Rakyat

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food