Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::.....::..Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

Disdik Bekasi Sterilisasi Lokasi Penyimpanan Soal UN

Drs. H. Kodrato/Kadisdik Kota Bekasi
BEKASI-: Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, melakukan sterilisasi lokasi penyimpanan soal ujian nasional 2011 di empat titik yang dijadikan subrayon. 

"Kami telah menempatkan 10 petugas pengaman gabungan dari berbagai unsur di masing-masing  subrayon," kata Kasi Kurikulum Dikmen Disdik Bekasi Agus Enap, Sabtu (16/4). 

Empat titik subrayon itu masing-masing SMAN 2 sebagai titik bongkar soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN) utama, SMAN 3 sebagai subrayon II, SMAN 4 sebagai subrayon III dan SMAN 5 sebagai subrayon IV. 


"Jumlah petugas keamanan terdiri atas empat orang polisi, dua orang staf Disdik, dua orang dari penyelenggara pendidikan sekolah dan dua orang lagi dari tim pengawas UN," katanya. 

Petugas kepolisian dari Polda Jabar bertugas mengamankan lokasi selama 24 jam yang terbagi dua shift mulai pagi hingga malam. Untuk masing-masing shift, dua petugas bersenjata lengkap ditempatkan di sekitar lokasi penyimpanan soal dan lembar jawaban. 

"Titik bongkar soal dan lembar jawaban di SMAN 2 berada di ruang laboratorium kimia. Syarat titik bongkar di antaranya dilengkapi teralis di setiap celah ruangan dan memiliki ruang yang luas," katanya. 

Agus mengaku telah melakukan upaya maksimal untuk mengantisipasi kebocoran soal yang mungkin terjadi selama proses UN berlangsung mulai 18 hingga 22 April 2011. 

"Kami telah berupaya maksimal mencegah kebocoran soal dengan melakukan pengawasan silang dan upaya lainnya. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," kata Agus. 

Agus menambahkan, telah terjadi keterlambatan dalam proses distribusi soal dan lembar jawaban UN dari Disdik Jabar menuju titik bongkar di SMAN 2 Kota Bekasi, Jalan Ceremai Raya, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Sabtu (16/4). 

"Sesuai kabar yang kami terima sebelumnya, lembar soal diperkirakan sampai di subrayon I pada Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB. Namun baru tiba di atas pukul 13.00 WIB," katanya. 

Menurut Agus, hal itu disebabkan kendala teknis dalam pemilahan soal di Disdik Jabar, menyusul adanya antrean distribusi dari berbagai daerah di Jawa Barat. 

"Soal dan lembar jawaban itu terdiri atas dua jurusan pendidikan yakni IPA dan IPS yang terbagi dalam  amplop besar dan kecil dari seluruh mata pelajaran yang akan diujikan," katanya. 

Jumlah amplop besar jurusan IPA sebanyak 278 amplop, kecil 40 amplop, sedangkan jurusan IPS untuk amplop besar 258 amplop dan kecil 40 amplop. "Masing-masing amplop berjumlah 20 eksemplar soal dan lembar jawaban." 

Total peserta UN 2011 di Kota Bekasi berjumlah 24.165 orang siswa masing-masing siswa SMA sebanyak 10.760 orang, SMK 12.305 orang dan MA sebanyak 1.100 orang. 

"Jumlah sekolah penyelenggara UN sebanyak 72 sekolah," pungkas Agus. 


Selain Kasie Kurikulum, tampak Kadisdik Kota Bekasi Drs. H. Kodrato, MM.MBA yang ikut memantau langsung proses pembersihan lokasi penyimpanan, penerimaan hingga pendistribusian soal-soal tersebut. (Ant/OL-13) 

0 komentar:

Posting Komentar

Glest Musik

GlestRadio-Food